1. Juara umum Gebyar PAUD tingkat Kota Cirebon tahun 2007
2. Juara umum Gebyar PAUD tingkat Kota Cirebon tahun 2008
3. Juara umum Gebyar PAUD tingkat Kota Cirebon tahun 2009
4. Juara umum Pekan Kreatifitas anak tingkat Kota Cirebon tahun 2009
5. Juara 1 tingkat Wilayah III Cirebon lomba Keteladanan PAUD SPS tahun 2011
6. Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat lomba Keteladanan PAUD SPS tahun 2011
7. Juara umum Gebyar PAUD tingkat Kota Cirebon tahun 2011
Prestasi yang pernah di raih
01.07 |
Read User's Comments0
PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN
08.45 |
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran dilakukan melalui pembahasan tema yang diambil mulai dari lingkungan yang terdekat dari anak sampai dengan yang terjauh. Tema-tema tersebut dijabarkan dalam bentuk sub-sub tema dalam bentuk program kegiatan pembelajaran yang bersifat operasional.
Pada Satuan Kegiatan Harian (SKH) itu sendiri terlihat pelaksanaan kegiatan yang bersifat individual, maupun yang dilakukan secara klasikal. Untuk setiap kegiatan tertulis kemampuan apa yang dicapai oleh anak, termasuk jenis kegiatan yang akan diberikan kepada anak, baik itu media, metode maupun peng organisasian anak sesuai dengan kebutuhan yang akan dicapai. Adapun perencanaan Satuan Kegiatan Harian (SKH) ini terdiri dari kegiatan : Pembukaan, Kegiatan Inti, Kegiatan Makan/Istirahat dan Kegiatan Penutup.
1. Kegiatan Pembukaan ;
Kegiatan Pembukaan adalah kegiatan pemanasan / pendahuluan yang bersifat klasikal yang berhubungan dengan tema dan sub tema, adapun urutan kegiatan pembukaan yang dilakukan adalah :
a. Berbaris ;
b. Mengucap Ikrar / Do’a ;
c. Jurnal Pagi dll. ;
d. Memberikan arahan sekaligus mendiskusikan tema dan sub tema yang akan dibahas yang ada kaitannya dengan kepribadian dan sikap yang baik / positif ;
e. Melaksanakan kegiatan klasikal awal sebagai pengantar menuju kegiatan inti yang akan dilaksanakan / disampaikan.
VISI, MISI DAN TUJUAN SPS KENANGA KOTA CIREBON
08.09 |
”VISI”
”Satuan Paud Sejenis (SPS) Kenanga adalah wadah upaya pembinaan kepada anak dalam rangka pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut serta membantu pengembangan kecakapan kehidupan anak yang mandiri, disiplin, mampu bermasyarakat, memiliki keterampilan hidup dan bertakwa kepada Allah SWT.”
1. 1. Membantu Pengembangan Pembentukan Prilaku Anak Didik
- Tauhid / Keimanan ;
- Moral Pancasila ;
- Kedisiplinan ;
- Perasaan / Emosional ; serta
- Kemampuan bermasyarakat.
2. 2. Membantu Pengembangan Kemampuan Dasar Anak Didik
- Kemampuan Beragama ;
- Kemampuan Daya Pikir ;
- Kemampuan Berbahasa ;
- Kemampuan Daya Cipta ;
- Kemampuan Keterampilan Hidup ; serta
- Kemampuan Jasmani.
PROFIL SPS KENANGA KOTA CIREBON
07.26 |
A. Pendahuluan
1. Latar belakang
Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Dan Program Pembangunan Nasional khususnya dibidang Pendidikan yang dicanangkan oleh Pemerintah merupakan tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu perlu adanya kerjasama yang baik dan kompak antara warga masyarakat dan Unsur Pemerintah maupun antar warga masyarakat itu sendiri.
PENGEMBANGAN MATERI TEMA/SUBTEMA BERDASARKAN MENU GENERIK TAHUN 2011
06.09 |
NO.
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
PENGEMBANGAN MATERI TEMA
MENU GENERIK
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Diri Sendiri
|
Siapa Aku
|
Aku adalah ciptaan Allah SWT, melalui perantaraan perkawinan Ayah dan bunda ( Q.S : Al-Alaq, Al-Mukminun dll. )
Dan aku juga mempunyai identitas diri antara lain :
|
Panca Indra
|
Allah menciptakan aku dengan sangat sempurna ( mempunyai panca indra ) yaitu :
1. Mata ;
2. Telinga ;
3. Hidung ;
4. Lidah / Mulut ;
5. Tangan / Peraba ;
| ||
2.
|
Lingkunganku
|
Keluargaku
|
Aku juga punya keluarga yaitu :
|
Rumahku
|
Aku juga punya rumah / tempat tinggal ;
| ||
Sekolahku
|
Aku bersekolah di PAUD Kenanga ;
| ||
Makanan dan Minuman
|
Untuk menjaga kesehatan aku juga makan-makanan bergizi yaitu
4 sehat 5 sempurna. ( nasi, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan air putih / susu. Juga tak lupa bila mau makan aku selalu berdoa.
|
NO.
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
PENGEMBANGAN MATERI TEMA
MENU GENERIK
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Lingkunganku
(Lanjutan)
|
Pakaian
|
Aku punya beberapa pakaian, baik untuk sekolah, untuk sholat untuk bermain dll.
|
Prilaku Hidup Bersih
|
Keutamaan bersih sehat antara lain :
| ||
3.
|
Binatang
|
Binatang Peliharaan
|
Binatang Peliharaan terbagi menjadi 2 yaitu :
Kucing, Anjing, Burung, Kelinci dll.
Sapi / Kerbau, Kambing, Ayam, Bebek, Kuda, Unta
Tawon / Lebah dll.
|
Binatang Liar / Buas
|
Harimau, Ular, Gajah, Monyet dll.
| ||
Serangga
|
Kumbang, Kupu-kupu, Belalang dll.
| ||
Tempat Hidup Binatang
|
| ||
Adab Memelihara Binatang
|
Diberi makanan sesuai dengan jenisnya (herbifora, karnifora, omnifora)
| ||
Manfaat Binatang
|
Tuhan menciptakan binatang/hewan untuk dimanfaatkan oleh manusia seperti : Susu sapi, Daging, Madu, Menarik delman, Bajak sawah dll.
| ||
Binatang yang tidak halal dimakan
|
|
Langganan:
Postingan (Atom)