Pengikut

RSS

PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran dilakukan melalui pembahasan tema yang diambil mulai dari lingkungan yang terdekat dari anak sampai dengan yang terjauh. Tema-tema tersebut dijabarkan dalam bentuk sub-sub tema dalam bentuk program kegiatan pembelajaran yang bersifat operasional.

Pada Satuan Kegiatan Harian (SKH) itu sendiri terlihat pelaksanaan kegiatan yang bersifat individual, maupun yang dilakukan secara klasikal. Untuk setiap kegiatan tertulis kemampuan apa yang dicapai oleh anak, termasuk jenis kegiatan yang akan diberikan kepada anak, baik itu media, metode maupun peng organisasian anak sesuai dengan kebutuhan yang akan dicapai. Adapun perencanaan Satuan Kegiatan Harian (SKH) ini terdiri dari kegiatan : Pembukaan, Kegiatan Inti, Kegiatan Makan/Istirahat dan Kegiatan Penutup.

1.      Kegiatan Pembukaan  ;
Kegiatan Pembukaan adalah kegiatan pemanasan / pendahuluan yang bersifat klasikal yang berhubungan dengan tema dan sub tema, adapun urutan kegiatan pembukaan yang dilakukan adalah   :
a.       Berbaris ;
b.      Mengucap Ikrar / Do’a ;
c.       Jurnal Pagi dll. ;
d.      Memberikan arahan sekaligus mendiskusikan tema dan sub tema yang akan dibahas yang ada kaitannya dengan kepribadian dan sikap yang baik / positif ;
e.       Melaksanakan kegiatan klasikal awal sebagai pengantar menuju kegiatan inti yang akan dilaksanakan / disampaikan.
2.      Kegiatan Inti ;
Kegiatan ini adalah pusat dari keaktifan dan kreatifitas anak, waktu pengembagan, dan kemampuan sosial emosional anak, adapun kegiatan ini terdiri dari bermacam-macam kegiatan, sesuai pilihan dan kebutuhan serta kemampuan yang dikehendaki. Kegiatan ini meliputi  :
a.       Kegiatan yang mengacu pada pendalaman kemampuan dasar ;
b.      Kegiatan bermain yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi sekaligus bereksperimen ;
c.       Kegiatan yang diarahkan untuk meningkatkan pengertian dan konsentrasi anak sekaligus memunculkan inisiatif, kemandirian, ataupun kreatifitas anak ;
d.      Kegiatan penyampaian pengetahuan nilai-nilai agama yang di integrasikan pada saat tutor menjelaskan kemampuan dasar lainnya.
3.      Kegiatan Makan / Istirahat ;
Kegiatan ini juga dapat dipakai untuk mengisi kemampuan yang berkaitan dengan kegiatan makan dan kegiatan bermain antara lain  :
a.       Berdo’a sebelum dan sesudah makan ;
b.      Berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dll.
4.      Kegiatan Penutup ;
Kegiatan penutup ini didisain secara klasikal, yang meliputi  :
a.       Kemampuan pengulangan / riview pengembangan nilai-nilai agama dan kemampuan dasar lainnya atau kegiatan yang belum tuntas pada kegiatan inti ;
b.      Melakukan diskusi / tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan pada kegiatan inti ;
c.       Berdo’a dan memberi salam.

Pada kegiatan proses belajar mengajar, kami disain agar memiliki pertimbangan secara utuh tentang hakikat anak didik / warga belajar baik itu pola pikir anak maupun tahapan penjelasan / penguraian materi kepada anak didik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar