Pengikut

RSS

PROFIL SPS KENANGA KOTA CIREBON


A.   Pendahuluan

1.      Latar belakang
Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Dan Program Pembangunan Nasional khususnya dibidang Pendidikan yang dicanangkan oleh Pemerintah merupakan tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu perlu adanya kerjasama yang baik dan kompak antara warga masyarakat dan Unsur Pemerintah maupun antar warga masyarakat itu sendiri.
Untuk menggalang adanya rasa kerjasama dalam bidang pendidikan masyarakat khususnya anak usia dini yang orang tuanya kurang mampu, perlu adanya sebuah fasilitas / wadah, guna melaksanakan Amanat UUD 1945, Pemerintah dan Agama, maka dengan dasar Pemikiran tersebut Pemerintah Daerah Kota Cirebon, melalui Bapak Walikota Cirebon, telah mencanangkan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis (SPS) khusus anak-anak yang orang tuanya kurang mampu, yang telah dibuka dan diresmikan oleh.Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Cirebon, sebanyak 5 (lima) SPS  se-Kota Cirebon pada Tahun 2007.
Dan khusus untuk Satuan PAUD Sejenis (SPS) KENANGA  Kelurahan Sunyaragi – Kecamatan Kesambi, di buka diresmikan pada tanggal 16 Januari 2007. di Baperkam RW.03 Karang Baru Kelurahan Sunyaragi Kota Cirebon.

2.      Luas jangkauan dan sasaran yang dapat dilayani
Adapun jangkauan dan sasaran dari Program Satuan PAUD Sejenis (SPS) Kenanga Kelurahan Sunyaragi ini diselenggarakan untuk menjaring anak usia dini yang orang tuanya kurang mampu dan belun terjangkau oleh TK atau PAUD yang lain terutama dari RW.02 s/d RW.09 Kelurahan Sunyaragi karena SPS Kenanga ini adalah satu-satunya lembaga SPS yang berada di wilayah Kelurahan Sunyaragi Kota Cirebon, dan saat ini SPS Kenanga sudah ada 4 (empat) kelompok warga belajar yang dapat dilayani.

3.      Alasan yang  rasional dan obyektif  kekuatan lembaga
Sebagaimana telah kami utarakan bahwa SPS Kenanga Kelurahan Sunyaragi ini didirikan dan di resmikan oleh Ketua TP.PKK Kota Cirebon, maka lembaga penyelenggaraannyapun di laksakanan oleh Kader-kader PKK yang berada di RW-RW se-Kelurahan Sunyaragi yang sudah mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan baik dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon maupun dari Tingkat Provinsi Jawa-Barat.


B.   Kegiatan

1.      Program yang akan dilaksanakan dan dikembangkan

Kurikulum dan Program Pembelajaran yang akan dilaksanakan kami rancang dengan berpedoman pada Permendiknas No. 58 Tahun 2009, terdiri dari Program Pokok yang di dukung oleh Program Penunjang, sebagai acuan dalam Pembuatan Program Kegiatan Tahunan, RKM maupun RKH. yang dipadukan dengan MENU GENERIK

Program Pokok

Dalam mendampingi anak usia dini  dimasa penting mereka, Satuan PAUD Sejenis (SPS) Kenanga selama ini mengemas kegiatan yang dilakukan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan ( joyfull learning ) yang mengacu pada kurikulum Generik untuk anak usia 2-6 tahun yang dipadukan atau diintegrasikan dengan Pendidikan Agama Islam. Dari tahun ke tahun kurikulum ini mengalami pengembangan disesuaikan dengan semakin kompleksnya kebutuhan anak dan bertambahnya indikator perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya dengan optimal.

Bidang Pengembangan Pendidikan Agama Islam, meliputi:

    1. Al Quran
Sebagai upaya untuk membiasakan anak mengenal bacaan Al Quran sejak dini maka pembelajaran Al Quran merupakan prioritas utama bagi anak, dengan motto ”tiada hari tanpa membaca Al Quran” seluruh guru dan orang tua yang ada dilingkungan sekolah selalu berusaha mendekatkan Al Quran pada anak dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman kehidupan mereka. Untuk Kelompok SPS Kenanga kegiatan PAI dilaksanakan pada waktu kegiatan JURNAL PAGI yang akan langsung dibimbing oleh guru sentra imtaq/wali kelas. Dan setiap pertemuan dirancang dengan suasana bermain dengan menggunakan metode ” HARI YANG PENUH BERKAH ” anak diajak mengenal DIRI SENDIRI DAN ALAM SEKITAR ADALAH CIPTAAN ALLAH SWT. sebagai dasar KITA BERSYUKUR.
    1. Aqidah, yang di dalamnya mencakup:
      • Pengenalan Rukun Iman dan Rukun Islam
      • Pengucapan dua kalimat Syahadat.
      • Pengenalan sifat - sifat Allah SWT (melalui ciptaan, lagu, dsb).
      • Pengenalan keluarga dan sahabat Rasulullah Muhammad SAW. melalui cerita-cerita edukatif yang di sampaikan oleh guru. Dengan harapan AUD dapat meneladani sifat-sifat dari tokoh-tokoh yang di ceritakan.
    2. Ibadah, meliputi:
      • Pengenalan Rukun Islam.
      • Pengenalan gerakan Wudlu dan Sholat yang benar.
      • Pengenalan Gerakan Manasik Haji.
      • Menirukan Bacaan Doa - doa harian.
      • Menirukan Bacaan  Surat - surat pendek.
      • Pengenalan dan penggunaan kalimat Thoyyibah.
      •  
    3. Akhlaq, meliputi:
      • Membiasakan memberi dan menjawab salam.
      • Terbiasa mengucap kalimat-kalimat thoyibah
      • Mengenal tata tertib di rumah dan di sekolah.
      • Mengenal tata cara bergaul dengan orang lain.
      • Berlatih mengendalikan emosi.
      • Mengikuti adab makan seperti yang dicontohkan Rasulullah
      • Menyayangi teman, guru, dan orang tua
      • Mulai menunjukkan kemandirian.
      • Mulai Memiliki kepedulian.
      • Anak mampu menjaga keamanan dirinya sendiri.
      • Mengenal rasa tanggung jawab.
§  Berlatih berani dan menunjukkan rasa percaya diri.

Program Penunjang

Kegiatan penunjang merupakan kegiatan yang mendukung keberhasilan program pokok dalam pembelajaran di KB. Dalam setiap kegiatan ini selalu ditanamkan nilai- nilai Islam dan tauhid sebagai dasar anak dalam proses pembelajaran, yang meliputi :
a.       Kegiatan Mingguan
§  Audio Visual (pemutaran film/cerita-cerita edukatif yang islami dan shiroh para nabi)
§  Permainan Edukatif
§  Olah Vokal bersama guru (lagu-lagu anak, lagu-lagu islami, doa dan asma ul husna)
§  Kreasi bersama Bunda/Ayah
b.      Kegiatan Bulanan dan Triwulan
§  Berenang untuk melatih fisik motorik
§  Dokter sekolah (pemeriksaan kesehatan)
§  Pengukuran berat dan tinggi badan
§  Cooking Class (PMTAS/UD)
c.       Kegiatan Tahunan
§  Gebyar PAUD
§  Manasik Haji
§  Perayaan HUT RI, Perayaan Hari Kartini, Hari Ibu dll.
d.      Kegiatan puncak tema/kunjungan sebagai pengenalan amal sekitar/ tadabur alam
§  Kunjungan ke Perkebunan dan Pertanian
§  Kunjungan ke Perikanan dan Peternakan
§  Kunjungan ke Pemadam Kebakaran
§  Kunjungan ke Stasiun Kereta
§  Kunjungan ke Pelabuhan
§  Kunjungan ke Studio Radio
§  Kunjungan ke Kantor Polisi
§  Kunjungan ke Panti asuhan
§  Kunjungan ke Kantor pos  dll.
§   
e.       Special day
§  Mother’s Day (kreasi bersama bunda)
§  Father’s Day (kreasi bersama ayah)
§  Family Fun Games
§  Buka Puasa Bersama
§  Seminar Pendidikan  (smart parenting)
§  Pentas seni dan pelepasan akhir tahun
f.       Bimbingan Konseling dan Kesehatan (melibatakan Petugas PUSKESMAS dan Kader POSYANDU
§  Pendataan awal perkembangan anak
§  Pemantauan perkembangan anak
§  Penanganan anak yang bermasalah
§  Mengevaluasi perkembangan anak

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar