Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran dilakukan melalui pembahasan tema yang diambil mulai dari lingkungan yang terdekat dari anak sampai dengan yang terjauh. Tema-tema tersebut dijabarkan dalam bentuk sub-sub tema dalam bentuk program kegiatan pembelajaran yang bersifat operasional.
Pada Satuan Kegiatan Harian (SKH) itu sendiri terlihat pelaksanaan kegiatan yang bersifat individual, maupun yang dilakukan secara klasikal. Untuk setiap kegiatan tertulis kemampuan apa yang dicapai oleh anak, termasuk jenis kegiatan yang akan diberikan kepada anak, baik itu media, metode maupun peng organisasian anak sesuai dengan kebutuhan yang akan dicapai. Adapun perencanaan Satuan Kegiatan Harian (SKH) ini terdiri dari kegiatan : Pembukaan, Kegiatan Inti, Kegiatan Makan/Istirahat dan Kegiatan Penutup.
1. Kegiatan Pembukaan ;
Kegiatan Pembukaan adalah kegiatan pemanasan / pendahuluan yang bersifat klasikal yang berhubungan dengan tema dan sub tema, adapun urutan kegiatan pembukaan yang dilakukan adalah :
a. Berbaris ;
b. Mengucap Ikrar / Do’a ;
c. Jurnal Pagi dll. ;
d. Memberikan arahan sekaligus mendiskusikan tema dan sub tema yang akan dibahas yang ada kaitannya dengan kepribadian dan sikap yang baik / positif ;
e. Melaksanakan kegiatan klasikal awal sebagai pengantar menuju kegiatan inti yang akan dilaksanakan / disampaikan.